cara membuat kerajinan dari resin

ingin membuat kerajinan tapi kita ga tau bagai mana cara pastilah bakal sulit untuk memulainya walaupun caranya mudah sekali, mencari tau dari berbagai media adalah langkah yang tepat yang anda lakukan. yang akan saya bahas disini sekarang adalah membuat kerajinan dari resin.

bahan-bahan yang diperlukan adalah resin itu sendiri banyak di jual di toko-toko kimia,  dijual sudah dengan katalisnya (katalis adalah sebuah cairan untuk membuat resin tersebut menjadi keras) kisaran harga resin di toko adalah kurang lebih Rp.300.000 sudah dengan katalisnya.

bahan yang kedua adalah silikon rubber yaitu untuk membuat cetakannya, silikon juga banyak di jual di toko-toko kimia harga silikon rubber kurang lebih seekitar Rp. 300.000

dan bahan yang terakhir adalah bentuk dari yang akan kita buat seperti replika pesawat, gantungan kunci, dsb. bentuk ini bisa kita buat sendiri atau kita bisa meminta bantuan pada orang yang bisa membuatnya, bisa juga kita beli.

cara membuat cetakan adalah :
1. siapkan kotak dari kardus atau karton dengan bagian atasnya terbuka
2. lalu masukan benda yang akan kita cetak ke dalam kotak tadi
3. tuangkan silikon yang sudah di campur dengan katalisnya
4. biarkan sampai silikon mengering
5. setelah mengering keluarkan benda yang menjadi masternya
6. sekarang cetakan sudah jadi

cara untuk memasukan resinnya :
1. siapkan cetakan yang sudah kita buat tadi
2. siapkan wadah untuk mencampurkan resin dengan katalisnya
3. bila katalis terlalu banyak di campurkan pada resin, pada saat kering resin akan menjadi retak-retak
    bila katalis terlalu sedikit di campurkan pada resin, resin akan sulit mengering ( untuk tau takaran yang        sesuai dengan sering-sering melakukan percobaan). atau untuk perbandingan dalam satu cup bekas eskrim beri 3 s/d 4 tetes katalis.
4. setelah resin dan katalis tercampur masukan kedalam cetakan silikon dan biarkan mengering
5. setelah resin mengering keluarkan dari cetakan.
6. untuk finising beri warna dengan airbrus atau pewarna lain yang anda sukai.

semoga bermanfaat dan selamat mencoba........ :) 

9 komentar:

  1. Terima Kasih atas share ilmunya....

    Bisa minta tolong dijeleaskan jenis resin dan katalis,serta silicon rubbernya...

    Atau klo kita beli di toko kimia, penjualnya sudah tau maksudnya klo bilang beli resin, katalis, dan silicon rubber???

    terima kasih

    Zaki
    http://bit.ly/11i5ZAO

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, biasanya d toko kimianya sudah hapal, utk resin ada beberapa macam, ada yg bening dan ada yg butek, yg bening biasanya utk bentuk2 yg transparan, untuk yg butek biasanya utk bentuk yg diwarnai.
      biasanya resen bening lebih mahal harganya

      Hapus
  2. ya kalo kita ke toko kimia mereka sudah tau,
    trimakasih sudah mampir...

    BalasHapus
  3. misi pak admin, nitip link http://resin-bekasi.blogspot.com kali aja ada yg butuh resin dan silikon rubber

    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mantap, bisa jadi referensi buat yg lain

      Hapus
  4. Bagaimana mengeluarkan master dari silikon ? Silikonnya dibelah ?

    BalasHapus
  5. tergantung dari bentuk masternya, ada yg di belah kalo bentuk masternya 3 dimensi ada juga yang cuma di keluarkan saja, krn mungkin bentuknya 2 dimensi

    BalasHapus
  6. untuk membuat resin berwarna sebaiknya pakai apa ya? apa bisa pakai wantex yg biasa untuk mewarnai textil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa memakai pewarna apa saja, asalkan warna tercampur dengan baik bersama resin.

      Hapus

Entri Populer

NEWS

Loading...

plipeo