Tips membuat mal untuk cetakan resin

Dalam tulisan saya sebelumnya sudah saya terangkan tentang tips membuat kerajinan dari resin, sedangkan untuk membuat kerajinan tersebut kita harus memiliki bentuk masternya atau yang sering di sebut dengan mal, mal tersebut yang kemudian akan kita bikin cetakannya untuk dituangi resin.
Apabila kita sudah memiliki bentuk masternya tentu saja kita mudah untuk membuat cetakan, apakah kita meminta membuatkan pada orang atau kita membelinya di toko-toko atau tempat lain, nah masalahnya bila tidak ada yang menjual dari bentuk-bentuk atau benda yang kita inginkan atau kita ingin menekan ongkos produksi tentunya kita harus membuatnya sendiri. Seperti bentuk bunga, bentuk jantung hati , bentuk bintang, bentuk muka manusia, atau bentuk hewan, mungkin benda-benda tersebut memang banyak dijual di pasaran tapi untuk mendapatkan bentuk yang berbeda atau mungkin ukurannya yang tidak pas dengan bentuk yang akan kita buat.
Mal yang akan kita buat sekarang akan menjadi seperti sabun mandi batangan sehingga akan mudah di bentuk atau di toreh (seperti membuat patung), dan butuh sedikit jiwa seni untuk membuat bentuk yang berbeda dari yang lain.
Oke daripada kebanyakan bicara kita langsung saja membuatnya.
Bahan-bahan yang di siapkan:
1.Soda api
2.Minyak goring
3.Wadah atau tempat dari kaca atau seng untuk mencampur bahan karena kalau menggunakan wadah atau tempat plastik dikhawatirkan akan meleleh diakibatkan campuran soda api yang menimbulkan panas
4.Wadah atau tempat dari plastik untuk mengeringkan adonan.

Cara pembuatan:
1.Masukan minyak goring pada wadah kaca atau seng
2.Campurkan soda api
3.Aduk rata dan jangan berhenti sampai campuran tersebut menjadi benar-benar kental (apabila campuran tersebut oleh pengaduknya kita angkat tidak akan menetes).
4.Setelah campuran tadi menjadi kalis atau mengental masukan kedalam wadah plastik supaya menjadi padat dan diamkan selama beberapa hari atau selama 1 minggu.
5.Tutup wadah tersebut oleh kertas ataupun tisu.
6. Setelah kering baru kita bisa membentuknya dengan di toreh seperti membuat patung.
7.Untuk menghaluskannya kita bisa menggunakan kapas yang dibasahi air dan diusapkan pada bentuk yang kita buat seperti di ampelas.

NB: perbandingan campuran soda api dan minyak goreng sekitar 1 : 3
Apabila terlalu banyak miyak goreng bentuk tersebut akan menjadi lembek, dan apabila terlalu banyak soda api akan menjadi sangat kering.
Selamat mencoba……………………

3 komentar:

  1. trims tipsnya, akan saya coba
    salam sukses...

    BalasHapus
  2. a misi gan numpang buka lapak,tapi gak kabur dari topik kok.

    bagi temen temen pengunjung blog mantap ini ingin membuat ctakan permanen ane jual bahan dari silikon rubber,untuk info lebih lanjut

    resin-bekasi.blogspot.com

    BalasHapus
  3. sip mantap, jadi referensi buat yg lain

    BalasHapus

Entri Populer

NEWS

Loading...

plipeo